Haloo, akhirnya bisa update blog lagi setelah sekian lama vakum, kali ini saya akan menuliskan langkah, cara, dan beberapa ketentuan dalam membuat layangan perahu, masih ingatkan postingan saya yang sebelumnya http://matematikakuadrat.blogspot.co.id/2015/05/membuat-layang-layangan-perahu-3-dimensi.html dan http://matematikakuadrat.blogspot.co.id/2015/08/permasalahan-dan-solusi-layangan-perahu.html
pada postingan sebelumnya saya sempat mengatakan belum selesai, tetapi ditahun ini saya dapat menyelesaikan bagaimana cara membuat layagan perahu dan ukuran yang harus digunakan. cara ini menurut versi saya, mungkin teman teman yang lain mempunyai versi yang berbeda, monggo dikembangkan. sebelum membahas secara detail, berikut saya akan rewind kembali layangan perahu yang saya buat dari awal, dari tahap coba coba, tidak bisa terbang sampai ya bisa terbang dengan baik.

Generasi 1.

Generasi 2

 Generasi 3

Generasi 4
Generasi 5


Generasi 6

Generasi 7


Generasi 8


Dari gambar diatas sebenarnya hanya beberapa layangan perahu yang saya buat yaitu 3 buah, tapi beberapa kali saya modifikasi agar bisa terbang dengan baik. layangan perahu dari generasi 1 sampai 4 merupakan satu kerangka layangan, tapi saya modifikasi sesuai dengan keinginan dan agar dapat terbang tinggi, generasi 1 tidak dapat terbang, permasalahannya sudah saya utarakan di postingan sebelumnya. berselang beberapa tahun tepatnya 2 tahun dari tahun 2015 saya membuat kembali layangan perahu yaitu generasi 5, saya membuat dari awal kembali, karena layangan generasi 4 yang saya simpan di bakar oleh orang tua saya, karena katanya tidak ada tempat penyimpanan.


gambar diatas sisa layar depan layangan generasi 4 dan kerangka layangan generasi 5. layangan perahu generasi 5 gagal terbang, dikarenakan ketinggiannya melebihi batas, dan ukuran lebar layar samping (warna ungu, merah, hijau) kependekan. makanya layangannya jatuh kesamping dan tidak dapat terbang. saya berinisiatif untuk memperbaikinya, namun saya merasa kurang puas dengan ukuran layangannya yang jika saya perbaiki akan menjadi kecil. kemudian saya membuat layangan generasi 6.

kerangka layangan generasi 6

Layangan Perahu generasi 6 model Pinisi


kembali setelah selesai saya membuat layangan perahu generasi 6, layangan ini juga tidak dapat terbang, kasusnya sama seperti generasi 5.
mengapa saya tidak belajar dari kesalahan generasi 5?, karena saat itu saya hanya berpendapat bahwa yang mempengaruhi layangan generasi 5 tidak dapat terbang karena ukuran lebar layar samping nya tidak sesuai, bukan dari ketinggian layangan. dari sini saya mencoba kembali memodifikasinya. dengan mengurangi ketinggian layangan dan menambah layar menjadi 4 buah.
layangan perahu pinisi generasi 7 dengan 4 buah layar

pada generasi ini layangan perahu saya dapat terbang tinggi dan bagus, hanya saja jika anginnya kencang layangan saya miring kekanan (belum ada solusi). karena layangan generasi 7 dapat terbang dengan baik, maka saya mencoba kembali memodifikasi layangan generasi 6 dengan membongkar rangka dan sebagainya.

kerangka layangan hasil modifikasi generasi 6 perahu bajak laut.


setelah di kertasi/plastikin jadinya seperti ini.

saya rasa cukup sudah kita rewind tentang layangan yang terdahulu dan tambahan beberapa layangan baru di tahun 2017 ini.

baik saya akan memberikan ukuran layangan perahu versi saya,. dan beberapa ketentuan dalam membuat layangan perahu.

sketsa untuk ukuran layangan perahu model bajak laut

Ketentuan :
Sketsa diatas saya menggunakan perbandingan saja karena untuk ukuran sesuai dengan selera masing masing. dan saya membuatnya layar semakin keatas semakin pendek, ya tergantung selera aja dan biar keliatan seperti layar perahu benaran kalau dari depan.
satu hal yang sedikit perlu diperhatikan adalah, untuk pembuatan layar samping, mohon dibuatkan tabung angin. tinggi tabung angin yaitu setengah dari tinggi layar, maksud dari tabung angin yaitu, lengkungan kertas layar. lihat gambar yang dimaksud tinggi layar yaitu jarak antara layar yang paling bawah dengan layar ditengah. jika menggunakan 4 layar tabung angin, mohon disesuaikan tinggi masing masing layar.
berikut saya tampilkan beberapa foto layangan generasi 7 yang sedang mengudara, untuk layangan generasi 8, sebenarnya dapat terbang, namun saya belum mempunyai tali yang pas untuk menerbangkannya, karena saya coba dengan tali nilon yang ukuran 0.5 masih terlalu berat, sehingga untuk naik tinggi tidak kuat. namun untuk layangan generasi 7 sudah dapat terbang tinggi diangkasa.





untuk masalah tali timbang / timbanya saya mengikatnya dari bagian paling bawah dengan tiang di layar nomor 2. lihat gambar dibawah


Ketentuan :
Liat garis warna merah dan biru,. itulah tali timbangnya, dan jangan lupakan lingkaran warna hijau!! disitu kunci agar layangan dapat terbang tinggi. jarak lingkaran hijau dari tiang depan yaitu 1,5 skala. untuk panjang tali timbangnya sesuaikan seperti gambar. jika warna biru kependekan, layangan tidak akan memiliki tenaga. sehingga untuk dapat terbang kecil kemungkinana. namun jika kepanjangan, kaya nya ga masalah yang penting inget lingkaran hijau!!!, disitu kuncinya.


Berikut saya coba rekam layangan perahu yang saya naikkan,..


jadi?? selamat mencoba dan berkreasi!!

layangan berikutnya layangan becak, masih proses pembuatan skets


Posting Komentar

  1. cara pasang benang gocinya dmna bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya benang goci itu tali timbangnya?
      lihat gambar sketch ke dua. gabar pemasangannya dari depan dan samping. garis warna merah dan biru.

      Hapus
  2. Bos tolong minta pin bb atau nomor hp atau apalah yg bisa di hubungi, jika tidak keberatan saya inginmenanyakan lebih detail tentang permasalahan layangan perahu milik saya. Sebelumnya terimakasih mohon kiranya membantu pemula seperti saya
    saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama messenger nya apa boss, aku mau ngirim foto layangan ku, kira kira salahnya dimana biar jelas.

      Hapus
    2. di menu tentang saya diatas sudah saya lampirkan alamat fb

      Hapus
  3. Pak, layangan saya kalau ada angin kencang kog miring kesamping kiri kenapa ya.... Tolong solusinya pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah bisa terbang ya,. kalo untuk masalah miring belum ditemukan solusinya. dipostingan kan sudah saya sampaikan. kemungkinan layarnya kurang lebar. karena beberapa layangan disini dengan layar lebar pada stabil

      Hapus

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Admin akan menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Selain Admin, link aktif dalam komentar akan dihapus

 
Top