setelah sekian lama mencari kesempatan untuk bisa memposting tentang layangan perahu, akhirnya waktunya tiba juga, sebelumnya saya tampilkan layangan Perahu yang sudah dapat terbang.

 Layangan Perahu Generasi Kedua

Layangan Perahu Generasi Ketiga





agar layangan perahu ini bisa terbang dengan baik (terbang tinggi dan jauh), perlu di perhatikan beberapa ketentuan dari saya ( boleh di abaikan)

sebelumnya Jangan membandingkan layangan perahu yang memang khusus diterbangkan di pantai dengan yang di terbangkan di lapangan, karena angin dipantai dengan angin yang di tanah lapangan berbeda, dalam artian angin dipantai cenderung lebih konsisten bertiup dari pada di tanah lapangan, maka untuk mengakalinya kita harus menyiapkan beberapa trik, yang akan coba saya jabarkan disini.




perhatikan gambar diatas, tinggi antara layar didepan dengan layar di belakang dengan jarak palung tidak sama, buat sudut kemiringan minimal 30 derajat dari layar belakang, agar layanganya saat terbang bisa berdiri seperti perahu. (itu kerangka layangan generasi kedua), untuk kerangka lain silahkan sesuaikan sendiri.


kembali perhatikan gambar diatas, untuk tali timbang nya, bisa di sesuaikan, saya mengikatnya di layar no 2, karena saya coba ikat di layar no 3, belum bisa terbang. jika kalian mw berkreasi coba ikatkan di layar no 3, jika memakai layar tiga buah,

jika kalian mengikatnya tali timbangnya seperti gambar diatas maka layangan perahu anda hanya akan terbang jauh (tidak terbang tinggi) walaupun berapa banyak tali yang anda ulurkan.

jika mengikuti langkah langkah diatas.. seharusnya layangan perahu anda terbang jauh dan tinggi.

berikut saya sampaikan perbedaan layngan perahu yang saya buat dari yang pertama kali sampai dengan yang terakhir.


lihat gambar diatas,..
bandingkan antara gambar no 1 dengan no 2,
layangan perahu no 1 tidak bisa terbang ( gagal terbang) karena layar didepan dan belakang nya saya buat tidak seperti layar didepan dan belakang no 2 ( layar warna kuning pada gambar no 2). layangan no 1 tidak bisa menampung angin yang bertiup dari arah samping, sehingga tidak bisa seimbang dan jatuh terus.

kemudian bandingkan gambar no 2 dengan gambar no 3. 
perbedaan pada gambar ini yaitu pada bentuk palungnya dan sudut layar warna merah dan putih sudah saya perbaiki, dengan sudut di >30 derajat. ukuran layarnya warna kuning,, tidak jadi masalah.. karena sudah bisa menampung angin dari arah samping. kelemahan layar warna kuning adalah cepat rusak, karena angin yang meniupnya sangat kencang. apalagi layar warna kuning yang dibelakang. jika menggunakan kertas cepat sobek dan hacur sehingga pada saat layang sudah terbang bisa jatuh tiba tiba, saya mengalaminya 2 kali. (layangan generasi kedua dan ke tiga.)

kemudian gambar no 3 dengan 4.
perbedaan nya adalah bahan yang saya gunakan jika pada layangan sebelumnya saya menggunakan kertas, maka agar lebih awet untuk layangan no 4 saya menggunakan plastik. hasilnya layangan no 4 sampai saat ini baru saya terbang kan 1 kali dan hasilnya pada saat sudah diatas kemudian miring dan akhirnya jatuh, penyebabnya layangan nya miring. jika saya amati mungkin karena layar kuning di depan terlalu berat dan kendor. tidak seperti kertas yang ringan dan kencang. saya belum mencoba lagi karena musim layang di tempat saya sudah semakin selesai, mungkin tahun depan saya akan coba lagi memperbaikinya.

tetapi jika anda bertanya bisakah layangan perahu ini terbang jauh dan tinggi?, dengan sangat yakin saya jawab BISA!!

video saya menerbangkan layangan perahu yang sudah final


UPDATE!!!

http://matematikakuadrat.blogspot.co.id/2017/06/membuat-kerangka-layangan-perahu-final.html
klik link diatas untuk update dalam pembuatan layangan perahu

note: terima kasih untuk orang tua saya(ayah) yang sudah membuatkan layangan ini

Posting Komentar

  1. Mantaff bro , tapi tolong dong kasi langkah" nya sekalian , gw mau buat tapi g tau buat kerangkanya dari mana dulu + bingung model kerangkanya gimana,
    Sekian terimakasi atas balasan nya

    BalasHapus
  2. Mantaff bro , tapi tolong dong kasi langkah" nya sekalian , gw mau buat tapi g tau buat kerangkanya dari mana dulu + bingung model kerangkanya gimana,
    Sekian terimakasi atas balasan nya

    BalasHapus
  3. saya mencoba membuat perahu layar 4 dengan lebar sayang skitar 2,5meter, permasalahan masih gagal terbang, apakah terlalu berat atau tali timbangnya yang harus saya rubah ke layar 2 dari atas, karena yg sekarang tali timbang saya letakan di layar 2 dari bawah. sudut kemiringan sayang saya gunakan 45derajat, layar segitiga cuma smp pada layar 2, mengikuti karena pada generasi pertama (layar 3) saya tidak menggunakan layar segitiga tapi bisa terbang tinggi.

    kira2 apa penyebabnya disebabkan kalau layar 4 apakah tali timbangnya harus di layar nomor 2 dari atas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. membaca komentar anda dari awal, berarti anda sudah mencoba membuat dengan jumlah layar 3 dan bisa terbang tinggi? namun saat ditambah menjadi 4 layar gagal terbang?
      untuk tali timbangnya tetap dipasang pada layar 2 dari bawah,karena saat dinaikan daya tariknya menjadi lemah dan tanpa tenaga.
      untuk ketinggian tiang layar bisa disesuaikan dengan ukuran layangan perahu yang saya buat.
      sudut kemiringan layar ternyata tidak terlalu berpengaruh, dari komentar anda, jika sudut kemiringan 45 derajat. da menggunakan 4 ayar berarti tinggi tiang layar layangan anda melampai batas, hal ini menyebabkan ketidak seimbangan.
      coba di sesuaikan terlebih dahulu ukuran layangan yang anda buat. kunjungin link dibawah ini, semua sudah saya kupas tuntas disana. terima kasih
      http://matematikakuadrat.blogspot.co.id/2017/06/membuat-kerangka-layangan-perahu-final.html

      Hapus
  4. Makasih mantab banget, makasih dan terimakasih.........

    BalasHapus
  5. Terimakasih untuk blog ini,,, ini mungkin yang hanya saya sampaikan, dari bahasan - bahasan pada blog ini akhirnya saya membuat layang lyang NYI Jantur ini dengan ukuran 2,10 mater dan alkhamdulillah bisa terbang tinggi dan SUKSES
    permasalahan yang perlu diperhatikan adalah Kemiringan layar, tali timbang tidak boleh lurus dengan dasar badan kapal, "walaupun tali timbang tidak pada layar nomor 2" ... usahakan selalu membuat siku dalam setiap sudut... dan jangan lupa juga bambu bentang layar juga ditimbang berat kanan dan kiri saat mengiratnya....
    untuk tambang ukuran kapal NYi jantur dengan ukuran yang saya buat ini menggunakan tambang untuk ngiket kambning.......
    dan apa yang saya peroleh dari perahu terbang ini yuaitu JUARA I

    BalasHapus

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Admin akan menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Selain Admin, link aktif dalam komentar akan dihapus

 
Top