Berbagai metode dikembangkan para pakar dalm membangun sebuah CBIS yang bedaya guna.
Salah satu pendekatan yang bersifat sistematik dan komprehensif diberikan oleh Edwards et al (1991) yang memadankan pengaruh lingkungan internal dengan lingkungan eksternal
organisasi. Pemadanan ini dilakukan dengan tujuan agar informasi memberikan manfaat yang optimal bagi perkembangan organisasi .


1. Pengkajian lingkungan internal dan eksternal dari organisasi merupakan awalan dari rangkaian proses perencanaan yang bersifat strategis dari suatu system informasi. Kajian mengenai lingkungan internal akan memberikan gambaran tentang kekuatan dan kelemahan yang ada didalam organisasi, sedangkan kajian tentang lingkungan eksternal akan menghasilkan ‘peta persaingan’ myang dihadapi organisasi yang menyangkut ancaman dan peluang.


2. Selanjutnya, hasil perencanaan tersebut haruslah dapat dipisahkan kedalam dus sisi strategi perencanaan yaitu strategi SI dan strategi TI. Perencanaan strategi mengenai SI berhubungan dengan kata kunci What; penentuan aspek system yang akan di SI kan. Melalui penentuan priorotas dari aspek yang terpilih maka pertanyaan mengenai cara system diwujudkan dari pandang sisi teknis dapat dianalisis pada perencanaan strategi TI yang membahas aspek Hownya. Kombinasi dari kedua perencanaan strategi ini dapat digunakan untuk membangun Ancangan Sistem Aplikasi dengan tetap memperhatikan current system yang ada.

Posting Komentar

[+] Komentar membangun lebih disukai
[+] Admin akan menghapus komentar yang melecehkan, kasar, dan bertendensi SARA.
[+] Selain Admin, link aktif dalam komentar akan dihapus

 
Top